Fenomena Virus Facebook

Facebook menjadi "fenomena" baru di kalangan neters Indonesia akhir-akhir ini. Virus facebook seakan menjangkiti setiap orang tanpa mengenal batas usia, gender dan profesi. Masih ingat kan kalo Presiden Obama memanfaatkan Facebook untuk ber-Kampanye Pemilu 2009? Sebegitu "hebatnya" Facebook sehingga orang-orang berpengaruh juga menjadi keranjingan Facebook?

Di Indonesia sendiri, Facebook menjadi situs nomor 3 yang paling banyak diakses setelah Google dan Yahoo. Bahkan saat ini Facebook sudah menyaingi pamor Myspace yang dikenal sebagai situs jaringan sosial terbesar nomor 1 di dunia. Ini adalah "true story" dari suatu wabah yang akan mengubah kehidupan manusia. Mengapa "virus" ini bisa menjangkiti semua orang? Siapa orang dibalik Facebook?

Facebook didirikan oleh seorang keturunan Yahudi Amerika yang bernama Mark Zuckerberg, ia seorang lulusan Harvard dan juga mantan murid Ardsley High School. Facebook diluncurankan pada tanggal 4 februari dan awalnya hanya dikhususkan untuk siswa Harvard College. Namun dalam 2 bulan selanjutnya, keanggotaan Facebook mulai diperluas ke sekolah-sekolah yang lain di wilayah Boston (Boston College, Boston University, MIT, Tufts), Stanford, Rochester, Northwestern, NYU, dan semua sekolah yang termasuk dalam Ivy League.

Yang lebih hebat lagi, majalah Time memberikan julukan kepada Zuckerberg sebagai "salah satu orang yang paling berpengaruh pada tahun 2008". Sementara itu, di Forum Ekonomi Davos 2009, Zuckerberg termasuk dalam daftar pemimpin muda oleh karena prestasi dan komitmen terhadap masyarakat serta berpotensi menyumbangkan ide untuk membentuk tatanan dunia baru. [kompas.com]

Apakah benar ada efek yang akan timbul dari fenomena Facebook ini? Efek apa yang akan diberikan oleh Facebook bagi kehidupan manusia? Entahlah....



Read Another Posts



6 Gosip Panas:

Post a Comment

Thanks For Your Comments on Celebrity Hot Photo